Tuesday, April 13, 2010

Kunci Pengolahan Data

Jika Anda akan bekerja mengolah data besar maka Anda dihadapkan pada beberapa pilihan untuk penggunaan software pengolahannya. Pilihan software ini tidak bisa ditentukan secara baku. Misalnya Anda biasa menggunakan SPSS, maka data apapun yang Anda hadapi pasti Anda olah dengan SPSS. Kebiasaan ini perlu dirubah. Kita tidak bisa fanatik dalam penggunaan sotfware tertentu. Ada banyak keuntungannya jika kita pelajari sesuatu yang baru walaupun itu hanya kulitnya saja. Prinsip ini juga berlaku dalam hal penggunaan software pengolah data.

Sekarang ini banyak sekali software
olah data yang beredar di pasaran. Paket statistika seperti SPSS, SAS, Minitab, atau Stata boleh dibilang mempunyai pengguna yang cukup banyak di Indonesia. Jangan lupa, Excel-pun bisa disebut pengolah data. Paket pengolah data lainnya adalah pengolah database, seperti Access, VB, Foxpro dan masih banyak lagi.


Kapan kita harus gunakan ke-3 sotfware tersebut? Jawabannya tergantung kebutuhan dan keperluannya. Ini yang menjadi kunci dalam menentukan pilihan. Jika Anda sudah mengerti kunci ini, maka pekarjaan Anda tidak akan tertunda karena Anda salah langkah dalam pengolahan data. Selain itu dengan tahu kunci tersebut, waktu kerja Anda tidak akan terbuang banyak.


Sekali lagi kunci keberhasilan pengolahan data adalah pemilihan software yang tepat sesuai dengan kebutuhan/keperluannya. Anda harus ingat bahwa dalam pengolahan data, kita tidak hanya menggunakan satu langkah saja, kemungkinan besar Anda harus mengulang satu langkah yang sama untuk data yang berbeda atau hanya untuk sekedar mengecek hasil
olah data sebelumnya. Hal ini akan makan waktu dan tentu saja kemungkinan menimbulkan kebosanan besar sekali. Temukan cara yang lebih efektif dalam pengolahan data.


Hal penting yang harus diperhatikan lagi adalah pengolahan
data tidak musti dilakukan dalam satu software saja. Biasanya ada kombinasi penggunaan, misalnya kita gunakan SPSS untuk pengolahan statistikannya, kemudian output SPSS kita transfer (copy) ke Excel. Kenapa Anda menggunakan ke-2 software tersebut? Karena Anda sudah mengerti akan keperluan dari pengolahan data tersebut. Jika Anda masih taraf belajar, maka kepikiran-pun mungkin belum! Nah itulah, kembali lagi, biasakan Anda selalu mencoba hal baru dalam penggunaan software pengolah data. Dengan begitu Anda akan selalu bisa menikmati pengolahan data.


lintasilmu.com

No comments:

Post a Comment