Sunday, April 18, 2010

Warga Lampung Padati Obyek Wisata Pantai



Hari libur kedua setelah Lebaran, pemudik memadati tempat-tempat wisata pantai di Lampung. Saking padatnya beberapa anak sempat terpisah dari orangtuanya namun kemudian dapat bertemu kembali.

Pemantauan Kompas, menunjukkan, obyek wisata pantai seperti Pasir Putih di Tarahan Lampung selatan dan pantai Mutun atau Kelapa Rapat di Pesawaran dipadati pengunjung. Mereka datang dengan sepeda motor, mobil pribadi atau pun Mobil Lampung, hingga truk.

Di pantai Pasir Putih, Tarahan, Lampung Selatan pengunjung pantai sudah ramai mendatangi obyek wisata itu sejak pukul 07.00. Pada pukul 13.00, pantai masih terus didatangi pengunjung.

Idrus, pendamping pengelola pantai Pasir Putih mengatakan, pengunjung di hari kedua lebaran lebih banyak dibandingkan hari pertama lebaran. Pengunjung di hari pertama hanya berkisar 5.000-an orang. Pada hari kedua berkisar 10.000-an orang.

Namun demikian, padatnya pengunjung ternyata tidak membuat orangtua waspada. Sebanyak 15 laporan anak terpisah dari orangtuanya masuk ke posko pengelola pantai.

Rata-rata anak terpisah dari orangtuanya karena asyik bermain sendiri di pantai tanpa diawasi oleh orangtuanya. "Akhirnya, kalau bukan anaknya yang melapor, ya orangtuanya yang datang ke posko melaporkan anaknya," ujar Idrus.

Seperti yang dialami Dina (11) dan Dewi (10), kakak adik dari Sidomulyo, Lampung Timur yang ditemui di posko I pengelola pantai. Sambil menangis bingung, mereka dat ang ke posko dan bercerita terpisah dari orangtuanya sejak pukul 13.30.

Petugas posko sibuk mengumumkan nama dan keberadaan kedua anak tersebut. Namun baru pada pukul 15.00 orangtua kedua anak tersebut menjemput di posko.

"Kalau sudah begini, kami hanya bisa terus mengingatkan melalui pengeras suara. Orangtua harus menjaga anak-anak mereka," ujar Idrus. Dari 15 laporan tersebut, seluruh anak yangh dicari bisa ditemukan kembali.

Sementara itu, antusias warga menghabiskan hari libur bersama keluarga memang besar (Mobil Lampung). Di pantai Mutun dan Kelapa Rapat, Pesawaran, keluarga-keluarga dari Bandar Lampung, Lampung Timur, Lampung Selatan, atau Lampung Timur berdatangan.

"Kami sudah lama tidak berkumpul bersama keluarga, sekarang ini saat yang pas," ujar Suraji (34) yang datang ke pantai Mutun bersama keluarga besar dari Way Jepara, Lampung Timur.

Selain pantai, pusat-pusat perbelanjaan di Bandar Lampung seperti Chandra Departemen Store, Simpur Center, dan Plaza Central ramai dikunjungi warga.

Kompas.com

No comments:

Post a Comment