Tuesday, May 18, 2010

Ini Lho Cara Beriklan yang Efektif


Iklan yang baik dan efektif adalah, iklan yang dapat menarik konsumen untuk membeli produk apa yang diiklankan. Lalu bagaimana membuat dan pasang iklan yang bagus serta efektif?

Greg Stuart bapak iklan Internasional, di Jakarta, memberikan beberapa saran, untuk membuat iklan yang bagus dan efektif. "Yang pertama adalah pesan yang disampaikan harus tepat sasaran. Selama ini iklan tidak efektif karena pesan yang disampaikan tidak tepat sasaran," kata Greg.

"Berdasarkan riset yang saya lakukan, sebanyak 31 persen pesan dalam iklan yang diluncurkan perusahaan tidak tepat sasaran," sambung Greg.

Kedua, lanjut Greg, motivasi iklan juga harus tepat sasaran. Greg mengatakan tingkat motivasi perusahaan yang ingin dituangkan dalam pasang iklan yang dibuatnya juga banyak tidak tepat sasaran. "Untuk besar kesalahan motivasi mencapai 36 persen," ujarnya.

Greg menyampaikan, seharusnya para pembuat iklan tidak membuat iklan hanya untuk menarik perhatian tapi juga untuk menumbuhkan motivasi dari dalam diri konsumen. "Misalnya pengusaha mobil, tumbuhkan dulu motivasi konsumen membeli mobil untuk melindungi anak," terang Greg.

Hal selanjutnya, gunakan cara pandang konsumen, jangan gunakan cara pandang sendiri. "Ini yang seringkali salah. Pembuat iklan mengira produk mereka menarik bagi konsumen, padahal produk tersebut hanya menarik bagi mereka," jelas Greg.

Lakukan juga penelitian pada konsumen, agar apa yang mereka mau benar-benar terwakili. Selain itu lakukan juga penelitian media apa yang paling efektif untuk memasarkan produk atau pasang iklan tersebut. Hal terakhir yang tidak kalah pentingnya adalah terus lakukan perbaikan dan pengembangan. "Selera pasar cepat sekali berubah, dan pembuat iklan harus menyadari hal itu, " ujar Greg.

Jika usaha-usaha tersebut tidak berhasil juga, Greg menyarankan untuk terus berlatih, jangan putus asa dan perbaiki kesalahan yang ada. "Practise makes perfect," katanya

bisniskeuangan.kompas.com

Temukan semuanya tentang Bisnis & Pasang Iklan: Iklan & Jasa - Iklan Baris & Iklan Gratis - Indonesia

No comments:

Post a Comment