Sunday, May 16, 2010

Memulai Usaha dan Bisnis Dengan Modal Kecil


Sebuah kendala yang umum dalam memulai bisnis sampingan adalah modal. Mungkin Anda mendapati banyak peluang bisnis yang menjanjikan, namun keterbatasan modal memaksa Anda untuk membiarkannya lewat begitu saja. Bagaimana cara mengatasi hal ini?

Ada beberapa alternatif yang dapat Anda tempuh. Yang pertama adalah mencari investor. Untuk ini, Anda biasanya perlu membuat proposal bisnis kecuali kalau investor tersebut adalah keluarga atau teman dekat Anda. Jalan ini baik untuk ditempuh jika usaha yang hendak Anda rintis membutuhkan modal besar. Namun karena menggunakan modal dari orang lain, ada baiknya Anda berhati-hati. Jangan asal mengambil peluang usaha. Pastikan bahwa Anda mengerti seluk-beluk usaha itu dan berbagai kendalanya. Jangan sampai Anda meminjam modal yang cukup besar dari orang lain namun Anda akhirnya gagal karena kurang persiapan.

Alternatif kedua yang dapat ditempuh adalah mencari peluang bisnis yang hanya membutuhkan modal kecil. Dalam hal ini, Multilevel Marketing (MLM) adalah sebuah alternatif yang menjanjikan. Mengapa? Sebab berbagai MLM yang ada biasanya hanya membutuhkan modal kecil. Sebuah MLM yang cukup terkenal, misalnya, hanya membutuhkan investasi kurang dari 50 ribu rupiah untuk mengikutinya. MLM juga cocok dijalankan sebagai usaha sampingan karena ia tidak membutuhkan waktu sehari penuh.

Untuk alternatif MLM ini, Anda perlu berhati-hati dalam memilih. Jangan sampai Anda terjebak dalam bisnis berkedok MLM yang ternyata menipu. Banyak bisnis MLM yang tidak lebih dari sebuah skema piramida untuk mencari "korban" sebanyak-banyaknya. Untuk itu, Anda harus memastikan bahwa MLM tersebut memiliki produk yang jelas dan dibutuhkan orang. Jangan sampai bisnis tersebut hanya mengandalkan pemasukan dari iuran anggota baru.

Untuk alternatif bisnis dengan modal kecil, bisnis Internet juga bisa menjadi pilihan. Banyak orang yang telah berhasil membangung bisnis Internet yang menguntungkan. Satu keuntungan dari bisnis Internet adalah kemungkinan mendapatkan passive income. Sekali bisnis Anda jalan, Anda dapat terus menerima pemasukan tanpa perlu bekerja keras lagi. Namun tentu saja, Anda harus bekerja keras saat membangun di awal.

Manakah di antara alternatif tersebut yang sebaiknya Anda pilih? Ya, semuanya tergantung situati dan pertimbangan Anda. Namun satu hal yang pasti, jangan biarkan keterbatasan modal menghalangi Anda untuk membangun sebuah usaha atau bisnis sampingan.

peluangbisnissampingan.com

Temukan semuanya tentang Bisnis & Pasang Iklan: Jasa Iklan & Iklan Baris

No comments:

Post a Comment