Friday, May 14, 2010

Waspadai Iklan "Online" Menyesatkan di Itenret


GAIRAH bisnis dengan memanfaatkan media online kini semakin meroket. Bisnis dari rumah! Kebanyakan para pebisnis online ini justru dari rumah tangga dan dijalankan secara perseorangan. Perusahaan besar masih berpikir panjang untuk mengubah perilaku konvensional menjadi perilaku online. Harus diakui, tren ini semakin menggembirakan karena ekonomi rumah tangga semakin mendapat banyak alternatif pemasukan.

Salah satu media online yang paling banyak digunakan untuk mengiklankan jasa-jasa lewat internet adalah iklan baris online. Kebutuhan iklan baris online di Indonesia benar-benar seperti jamur yang tumbuh pada musim hujan.

Banyak orang yang membutuhkan sarana iklan gratis dan sebaliknya pula banyak penyelenggara website iklan baris online untuk memfasilitasi iklan baris gratis itu.

Bagi pemasang iklan, iklan baris gratis adalah salah satu alat survival untuk tetap melanjutkan bisnisnya di dunia maya dengan modal minimal. Bagi penyelenggara bisnis iklan baris gratis, kesempatan itu bisa digunakan untuk meningkatkan traffict alias lalu lintas pengunjung.

Makin banyak iklan gratis yang masuk, makin tinggi traffic mereka. Itu berarti, kesempatan untuk mengembangkan iklan yang tidak gratis (misal dengan memasang banner iklan) akan semakin terbuka. Jadi, hubungan antara pemasang iklan dan website penerima iklan memang saling membutuhkan.

Namun, di balik gegap gempita iklan baris itu, ada satu kekhawatiran yang pantas diungkapkan, yaitu tingginya potensi penipuan melalui media iklan. Jika tak mau disebut penipuan, setidaknya banyak fakta iklan-iklan yang ditampilkan lebih ke arah tak memiliki etika bisnis.

Tips Pengiklan

1. Jika produk Anda benar-benar ada dan tidak mengandung kebohongan, gunakan bahasa yang logis, tidak berlebihan.

2. Jika Anda punya ”website” atau ”blog” untuk jualan dan ingin mencari ”website” untuk iklan gratis, mudah saja mencarinya, manfaatkan mesin pencari, misalnya Google.com, dengan cara memasukkan kata kunci yang relevan, contohnya: ”iklan baris gratis” atau ”iklan ’website’ gratis”.

3. Makin banyak dan makin sering memasang iklan, makin tinggi posisi ”website” Anda di mata mesin pencari. Di situs tertentu Anda bisa memasang iklan tiap hari untuk menaikkan tingkat keterbacaan iklan. Memasang iklan lebih dari satu kali dalam sehari bisa berpotensi akun Anda dibekukan oleh pemilik ”website”.

tekno.kompas.com

Temukan semuanya tentang Bisnis & Pasang Iklan

No comments:

Post a Comment