Tuesday, May 4, 2010

Tips Membeli Barang Elektronik Murah



Berbekal informasi tersebut, baru kita mendatangi toko-toko di Sim Lim Square atau di situs iklan baris, dan mulai menawar dan mencari toko yang bisa memberikan harga termurah untuk produk yang kita inginkan. Beberapa tips:


1. Jangan membeli merk atau tipe/model lain yang ditawarkan oleh pembeli, yang berbeda dari produk yang kita inginkan dan yang kita sudah survey, apalagi jika kita belum mengetahui harga resmi RRP dari tipe/model yang lain tersebut. Kalaupun kita ingin membeli tipe/model lain tersebut, survey dulu harga RRP-nya.

2. Tanyakan apakah harga yang diberikan oleh penjual di situs iklan baris atau di toko sudah termasuk GST (Goods and Services Tax) atau belum. Banyak penjual yang memberikan harga sebelum GST pada waktu tawar menawar, dan baru memberitahu kalau harga belum termasuk GST setelah pembeli menyetujui harga tersebut. Perlu diketahui bahwa harga RRP di toko-toko besar yang saya sebutkan tadi adalah sudah termasuk GST.

3. Pastikan bahwa semua spesifikasinya sesuai, termasuk aksesori tambahannya. Banyak penjual yang memberikan harga murah dengan mengurangi beberapa aksesori tambahannya (yang seharusnya sudah termasuk dalam harga RRP-nya), dan dia kemudian menjual kembali aksesori tambahan tersebut secara terpisah.

4. Usahakan agar emosi tetap terkendali dan jangan sampai terpengaruh, terutama pada saat tawar menawar. Jika ada penjual yang sampai kelihatan marah-marah pada saat menawar (tipikal Singaporean :P ), tinggalkan saja dan pindah ke toko yang lain.


http://ip.sg.or.id

No comments:

Post a Comment